Kamis, 05 Maret 2009

pentingnya syariat

Sebenarnya Tauhid sholat, puasa, wudhu, itu untuk apa sih, lalu kenapa pacaran, miras dan narkoba itu haram ? (Fulanah, 16 Tahun)

Begitu sebuah pertanyaan yang diungkapkan oleh seorang remaja putri pada sebuah kesempatan. Yah, pertanyaan itu juga yang sering dipikirkan oleh jutaan muslim di seluruh dunia sehari-hari, dan itu pula yang menjadi penyebab Ratusan, bahkan Ribuan muslim murtad karena kurang tahunya mereka akan fungsi dan manfaat dari ibadah-ibadah itu sendiri.
Secara umum pertanyaan diatas dapat terbingkai dalam syariat islam yang mempunyai tujuan memberikan kemaslahatan pada manusia. sehingga dimana suatu syariat ditegakkan disitulah akan muncul kemaslahatan yang akan kembali pada manusia itu sendiri.
Namun, tidak lepas dari itu syariat islam juga mempunyai tujuan diantaranya adalah : menjaga kesucianmanusia yang sejak awal sudah tercipta sesuai dengan Fithrrotul islam, membersihkan kotoran (Penyakit Jasmani dan Rohani) sehingga terciptalah pribadi manusia yang sehat jasmani dab rohani, untuk mempersiapkan diri dengan persiapan rohani yang mana dengan itu manusia patut bertemu dengan Robbnya, dan memasuki surgaNya.
Tauhid, sholat, Wudhu, puasa, zakat, dan segala ibadah yang lain pastilah ada manfaatnya, karena Allah tak mungkin memerintahkan sesuatu jika tak ada manfaatnya, atau melarang sesuatu jika tidak ada resiko atau bahaya yang berakibat bagi muslim itu sendiri.
Berbicara mengenai Tauhid, tentulah penting bagi seorang muslim, karena tauhid merupakan penopang utama yang memberikan semangat dalam melakukan ketaatan kepada Allah. Sebab orang yang bertauhid hanya beramal untuk dan karena Allah swt. Sebaliknya, Jika seorang muslim tidak memiliki rasa tauhid, Ibarat seorang buruh yang melakukan sesuatu tapi tidak ditujukan pada bosnya. Sehingga segala perbuatannya tidak ada gunanya.
Sholat, dalam Al-Qur’an diterangkan bahwa sholat dilakukan untuk mengingat Allah. setelah kita cermati, dengan sholat kita jadi lebih meningkatkan rasa disiplin, lebih-lebih dengan berjamaah kerukunan antar ummat akan semakin terjaga, yaitu dengan mempererat tali sillaturrahmi yang semulanya putus. Gerakan-gerakannya pun juga dapat menenangkan jiwa dan menyehatkan raga. Hal itu terbukti setelah menimbang penelitian di bidang kedokteran. Ternyata, dari sujud saja sirkulasi darah yang mulanya sukar untuk mengalir. Karena tersumbat oleh lemak-lemak, dan zat-zat kimia. Karena sujud saja darah menjadi lancar, bagaimana dengan gerakan-gerakan lainnya ? pastinya tersimpan ribuan manfaat dari seluruh gerakan sholat. Sedangkan manfaat bagi jiwa ditegaskan seorang ahli psikologi, ia menyatakan bahwa sholat juga bermanfaat bagi orang yang stress, yang kacau rohaninya. dengan terapi sholat pikiran-pikiran yang membelenggu, masalah-masalah yang menumpuk akan berangsur-angsur pudar. Bahkan orang china memasukkan gerakan sholat dalam terapi yoga yang fungsinya untuk menenangkan jiwa. Namun, karena sholat merupakan hubungan suci antara manusia dengan sang khalik, sebelumnya kita diwajibkan untuk berwudhu agar hubungan kita dengan Allah terasa lebih manis. Teman kita, saudara kita, atau siapa saja kita saja jika melihat kita bersih pasti akan suka, begitu pula dengan Allah. Seperti yang dituturkan dalam hadist ”Sesungguhnya kebersihan itu sebagian dari iman” maka jika kita mengaku beriman pada Allah maka kita harus mencintai kebersihan. Manfaat lainnya adalah ketika kita sudah berwudhu kita akan terhindar dari gangguan setan, jin dan sebangsanya. Karena orang yang terbiasa bewudhu akan kelihatan bercahaya.
Puasa juga demikian, seperti yang tertulis dalam Al-Qur’an ”Puasa itu Benteng”. Jadi, puasa itu digunakan oleh orang-orang terdahulu untuk melatih kesabaran. Selain itu, kita diwajibkan puasa agar kita dapat mempunyai rasa kesadaran akan saudara-saudara kita yang miskin. Sedangkan di bidang medis puasa juga dapat mengurangi nyeri lambung, karena makan kita yang semulanya tidak teratur, berantakan, tak mengenal waktu. Tapi, setelah berpuasa, makan kita jadi lebih teratur, terjadwal, terkondisikan yaitu hanya pada saat sahur dan buka. Dan yang paling barokah, puasa dapat meningkatkan ibadah kita kehadirat Allah swt.
Pacaran, masa remaja yang merupakan masa transisi dan puber, tak akan lepas dari budaya pacaran. ”Dengan pacaran bisa mengenal kepribadian masing ? masak nggak kenal apa-apa langsung nikah ?, kalau nggak pacaran, nggak gaul” itulah pikiran remaja jaman sekarang yang telah terdoktrin oleh budaya westernisasi. Islam melarang keras pacaran. karena dampaknya banyak, diantaranya berkuasanya syahwat, tersebarnya kemaksiatan dan perzinaan, memandang rendah arti kehormatan, tak kenal waktu, bahkan seringnya gonta-ganti pasangan, sekolah Pra Nikah yang dibidani oleh orang barat itu, sering meluluskan pribadi yang tidak setia, yang sebentar-bentar putus, cerai. Seperti yang terlihat pada artis-artis pada media elektronik dan media cetak, dan berdasarkan polling KUA pusat. Banyuwangi, kabupaten kita sendiri menduduki peringkat ketiga se-indonesia, kota yang paling tinggi angka perceraiannya, setelah Indramayu dan Malang.
Miras dan narkoba juga demikian, zat-zat yang terkandung dalam benda tersebut sangat membahayakan jika dikonsumsi oleh manusia, hingga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Dan yang lebih parahnya lagi, jika kita mabuk atau sakaw, saat pikiran kita seperti melayang-layang (nge-fly), tak mengingat apa-apa, hingga melakukan sesuatu dengan sembarangan, hingga kecelakaan karena pengemudi mabuk sering terjadi. Dan masih banyak lagi deretan kisah tragis akibat kedua benda terasebut.
Marilah kita renungi dan kita pikirkan bersama, betapa pentingnya syariat, dan sekali lagi saya ingatkan bahwa segala perintah, larangan, dan segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti ada maksud dan tujuannya. Semoga kita semua diberi hidayah oleh Allah agar menjadi orang yang bertaqwa yang selalu mengamalkan syariat Agar kita masuk ke Jannatullah yang maha nikmat. (IMQ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar