Senin, 25 Januari 2010

Tahun Baru , Pribadi Yang baru

TAHUN BARU, PRIBADI YANG BARU
OLEH : IN’AMUL MUTTAQEN

Detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, hari demi hari kita lalui tanpa terasa sudah berpuluh-puluh minggu, hingga berbulan-bulan, kita lewati dengan segala rutinitas sehari-hari kita, ada yang sibuk bermain bagi anak kecil, ada yang sibuk sekolah dan kuliah, menuntut ilmu, membaca buku-buku, demi mengejar cita-cita, dan ada pula yang sibuk dengan bekerja, membanting tulang, mencari nafkah, demi memberi makan anak istri. Semua aktivitas itu tanpa kita sadari, sudah kita lakukan terus menerus hingga di hari ini.

Namun, ketahuilah ! sudah seimbangkah aktivitas kita dengan ibadah yang kita lakukan ? jika sudah, mari kita tingkatkan, dan jika belum mari di tahun baru ini kita ganti pribadi kita, menjadi pribadi yang senantiasa beribadah, beribadah kepada Allah. Namun, sebagai manusia, tidaklah mungkin bagi kita melaksanakan ibadah terus menerus sepanjang hari, karena sebagai manusia pada layaknya butuh tidur, makan dan minum, bekerja melaksanakan aktivitas. Lalu, bagaimana caranya agar dalam kegiatan kita senantiasa dibarengi dengan ibadah ? cukup ucapkan bismillah saat mengawali, serta diiringi dengan dzikrillah saat melaksanak aktivitas, serta diakhiri dengan alhamdulillah saat menyudahi aktivitas kita. Insya Allah semua aktivitas kita akan bernilai ibadah, menambah pundi-pundi pahala kita !

Sehingga agar semua kegiatan kita bernilai ibadah, mari kita biasakan dari sekarang, membaca Basmallah sebelum melaksanakan sesuatu, dan membaca Tahmid, seusai melaksanakannya. Sehingga, apa yang kita kerjakan tercapai sukses, dan mampu mendapatkan pahala. Seperti kata pepata, ”sambil menyelam minum Air” sehingga Amal dunia yang kita lakukan tidak mengganggu amal akhirat yang kita butuhkan kelak di yaumul akhir.

Di tahun yang baru ini ! mari kita berantas segala tingkah buruk kita, kita kurangi kebiasaan-kebiasaan yang tidak berguna, yang tidak bermanfaat bagi diri kita, contohnya kebiasaan-kebiasaan yang buruk seperti, WAKTU TAHAJUD, kebiasaan manusia pada umumnya justru meneruskan tidurnya, padahal jika kita isi dengan Sholat lail itu akan lebih baik. Lalu SETELAH SHOLAT SHUBUH, kebiasaan manusia jaman sekarang setelah sholat shubuh mesti diisi dengan tidur, andai kita isi dengan membaa AL-Qur’an, atau membaca buku, serta mengerjakan tugas atau bisa diisi dengan Olahraga, tentunya lebih bermanfaat, jika kita membaca AL-Qur’an semakin mendekatkan diri kepada Allah, memahami kitab suci tersebut, jika kita belajar, semakin menambah keping-keping ilmu di otak kita, jika kita olahraga selain menyehatkan raga kita, kita menjadi semakin semangat dalam menjalani hari.

Lalu di PAGI HARI, kita jalani aktivitas kita dengan niat ibadah, mencari ridho Allah, sehingga saat kita bekerja atau sekolah perasaan hati akan tenteram, segar, dan mampu mnegerjakan tugas-tugas dalam rutinitas kerja atau dalam sekolah. Lalu, pada malam hari, pada umumnya kita menggunakan momen itu, untuk jalan-jalan ke tempat maksiat, Naudzubillahi min Dzalik ..! padahal andai kata kita isi dengan Mengaji, atau melakukan ibadah tentunya lebih baik. Lalu, pada malam hari di saat waktunya orang tidur, kita justru begadang, tidak tidur tanpa alasan yang jelas, padahal andaikan kita tidur tepat pada waktunya, tentunya banyak manfaat yang akan kita peroleh, pada saat tahajud kita tidak begitu mengantuk, sehingga kita bisa tahajud, dan pada keesokan harinya kita bisa menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa mengantuk...

Mari kita rubah kebiasaan kita, tingkatkan kebiasaan yang baik bagi kita, dan kurangi dan berantas kebiasaan yang kurang baik bagi kita agar kita menjadi pribadi yang baik, yang selalu bermanfaat bagi masyarakat, agama, nusa dan bangsa. Maka pada momen tahun baru hijriyah ini, marilah kita menjadi pribadi yang sholeh, pribadi yang senantiasa beribadah kepada Allah, pribadinya para sahabat ra., dan semoga dengan berubahnya kita menjadi pribadi yang baik, semua do’a atau harapan yang belum terkabul pada tahun baru ini, semoga semuanya bisa terkabulkan, dan semakin bertambah rezekinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar