Senin, 25 Januari 2010

Bergetar Jantungnya, Karena Dzikrullah : IMAN 1

BERGETAR JANTUNGNYA KARENA DZIKRULLAH,
OLEH : IN’AMUL MUTTAQEN

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya),…..” (QS. AL-Anfaal : 2)

Inilah tanda iman yang pertama akan kita bahas, sudah jelas dalam ayat tersebut tertulis bahwa sesungguhnya orang-orang yang beriman itu ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetar hati mereka, dan apabila dibacakan Ayat-ayat Allah maka bertambah imannya.
Dalam tafsir, pada kata orang-orang yang beriman para ulama menafsirkan bahwa yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah orang yang sempurna imannya. Kenapa mesti begitu ? hati manusia merupakan organ yang paling sensitive terhadap sesuatu yang ditakuti dan disukai, oleh karena itu membuat getar hati saat disebutnya sifat-sifat yang mengagungkan dan memuliakan Allah, memang membutuhkan kecintaan yang sangat terdalam kepada Allah swt. Allah berfirman :

“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah.” (QS. Az-Zumar : 23)

Jadi, Selain gemetar hati kita, gemetar pula kulit kita, bahkan dalam ayat lain disebutkan kita juga dianjurkan untuk mampu meneteskan air mata sebagai pembuktian keimanan kita saat mendengar kalamullah :

“Maka hendaklah mereka tertawa sedikit dan Menangis banyak, sebagai pembalasan dari apa yang selalu mereka kerjakan. (QS. AtTaubah : 82)

Lalu, bagaimana upaya kita agar dalam setiap mendengar asma Allah, hati dan kulit kita mampu bergetar, bahkan sampai air mata kita menetes membasahi pipi kita. Satu-satunya cara hanyalah kita harus tunduk dan patuh kepada Allah, dengan patuh rasa kecintaaan kita kepada Allah akan semakin bertambah, dan ada hubungan spiritual saat mendengar kalamullah.

“…. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka….. “ (QS. Al-Hajj : 34-35)

Ya ! itulah satu-satunya cara agar kita mampu mencapai puncak keimanan, dimana hati dan kulit kita bergetar saat disebutnya Nama Allah yang Maha Agung, dan merintih meneteskan air mata kita saat kita mendengar tentang-Nya. Oleh karena itu sedari sekarang usahakan dalam sehari kita berusaha untuk menangis karena Allah, karena dengan menangis itu akan turut membantu menggetarkan hati kita.
Itulah tanda iman yang pertama, Sudahkah kita memilikinya ? sudahkah kita pernah merasakan walau hanya sekali ? setiap manusia pasti pernah merasakannya ! Namun, orang yang beriman tidak peduli susah atau senang, tidak peduli kapanpun, dimanapun, bagaimanapun Tatkala mendengar kalam Allah gemetarlah hati mereka, basahlah matanya, menangis terisak-isak, dengan begitu maka bertambahlah iman kita. itulah MUKMININ SEJATI…. !
mArilah menjadi mukminin sejati, yang selalu bergetar hatinya bila mendengar Ayat-ayat Allah, tingkatkan rasa tunduk dan patuh kita kepada Allah, dengan senantiasa berdzikir, meningkatkan iman kita, hingga menjadi Iman yang sempurna, sehingga kita tergolong menjadi golongan orang yang beriman kelak di akhirat, dikumpulkan di Surga dengan para Anbiya’, Para orang sholeh, para Sahabat, hidup bahagia di Surga yang kekal Abadi. Amiiin…. (imq)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar